Bimbimbap Bulgogi

28.9.14

Bimbimbap ala indah ceritany :) resep dari beberapa sumber tapi di modifikasi.
Bimbimbap itu artinya nasi campur yang asalnya dari korea. Gara-gara suka liat film korea terinspirasi bikin dirumah. 
Bimbimbap biasanya pakai telur setengah matang kemudian di campur dengan nasi dan bahan lainnya masih dalam keadaan panas. Bisa pilih dengan ikan atau daging, sesuai selera. 
Kemarin aku bikin pakai telur rebus aja, karena lagi nggak pengen telur 1/2 matang. Sebenarnya kurang mantap sih karena waktu tercampur keliatan kurang seperti bimbimbap di resto-resto gitu.
Untuk rasa lumayan lah yang baru pertama coba :) aku pakai bumbu instan untuk bumbu dagingnya, bumbu bulgogi. 

Bahan : daging sukiyaki, bumbu instan bulgogi, sayur tauge, wortel, jamur hioko, telur, nasi panas. (Bisa ditambah pakai sayur bayam atau lainnya).
Bahan bumbu : soy sauce, garam, pala, lada bubuk,bawang putih, minyak wijen. (Ada bumbu khusus dari korea tapi supermarket dkt rumah nggak menyediakan bumbu khusus korea jadi aku skip)

Cara : saute sayurnya --> tauge dan wortel di siram air panas kemudian air dibuang, sisihkan, diberi bawang putih yang telah dihaluskan, garam, lada bubuk campur, diamkan. Jamur hioko juga dibumbui dng cara di atas yang sebelumnya direbus dulu jamurnya. 

Daging sukiyaki marinade dengan bumbu  bulgogi instan, cara bisa diliat di keterangan bungkus.

Bahan kimchi : sawi putih, cuka, kulit lemon, garam,bawang putih, cAbe merah buang isinya

Cara kimchi --> campur cuka, garam, kulit lemon jangan kena dagingnya. Rebus sawi, diamkan. Buat cabe merah dan bawang putih diblender, campur ke sawi, tuang rendaman cuka tadi. Diamkan semalaman. 


No comments

Copyright © The Things She Love. Blog Design by SkyandStars.co